Jumat, 22 Mei 2020

TVUPI TELEVISI PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL


Saat handphone ada di tangan Anda, yakinlah Anda sedang menggenggam dunia. Lalu, Anda akan melesat jauh dari tempat Anda duduk dan berdiri, menggapai kesuksesan dalam sekejap. 

Membuat Siaran Televisi Pendidikan 
Melalui Aplikasi di Handphone

Narasumber:

Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si, MCE. 
(Kepala Humas UPI)



Siang ini materi baru tentang membuat siaran televisi pendidikan lewat aplikasi di HP. Materi ini akan disampaikan oleh Prof Deni Darmawan. Beliau adalah Kepala Humas Universita Pendidikan Indonesia yang berada di Bandung Jawa Barat. 

Belum lama ini, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah meluncurkan chanel pertelevisian gaya baru yang berbasis digital, yaitu TVUPI. TVUPI diperuntukkan bagi masyarakat luas yang ingin berpartisipasi dalam memberikan tayangan yang bertema pendidikan. 

Program siaran televise yang selama ini kita tonton, sebenarnya dapat kita produksi melalui kamera yang sudah kita set up atau instalkan sebelumnya di handphone. Untuk dapat membuat siaran, terlebih dahulu peliput melakukan reques kepada  http://humas.upi.edu/upi-tv/ berkaitan di apa dan di mana liputan dilakukan. Selanjutnya, peliput tinggal mengarahkan kamera kepada objek yang akan diliput secara life tersebut.
Namun demikian, untuk dapat mengirimkan dan memasukkan program siaran perlu di set up terlebih dahulu aplikasi encoder LCJ – TVUPI. Aplikasi ini akan diberikan kepada penggunan secara gratis oleh TVUPI. Berikut tutorial men-set up encoder LCJ – TVUPI :















Penayangan tidak dapat dilakukan bersamaan secara life. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan reques  terlebih dahulu agar tidak terjadi bentrok penyiaran. andainya tidak dapat dilakukan secara life, pihak TVUPI akan menyiarkan siaran tunda dari hasil sutting yang direkam oleh peliput. 

Dalam teknis peliputan, seseorang atau kelompok di masyarakat sudah bisa melakukan shooting sendiri tanpa harus dibantu oleh kru-kru dari pihak pertelevisian TVUPI. sebagaimana lazimnya sebuah peliputan itu biasanya dibantu oleh para kru yang bekerja sebagai  kameraman, pembawa acara, narator, direktor, dan narasumber. Dengan teknologi ini, semuanya dapat dilakukan sendiri dengan hanya mengaktifkan aplikasi LCJ TVUPI. Untuk itu,Profesor Deni sangat mengharapkan teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh para guru saat ingin menyumbangkan program-program atau siaran pendidikan lain, misalnya bimbingan belajar di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya. 

Tiga fungsi perfileman  kini ada di dalam handphone para peliput. Secara bersamaan narasumber langsung merangkap sebagai kameraman, dan director. Hal ini tentu sangat membantu para pendidik dalam berinovasi di bidangnya. tanpa harus mengeluarkan tenaga yang besar dan biaya yang mahal.

Ketua PB PGRI (Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd.) menyambut baik dan mengucapkan selamat dan sukses atas launchingnya TVUPI ini. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar