Selasa, 19 Mei 2020

MEMBUAT BLOG MENJADI BANYAK PENGUNJUNG




MEMBUAT BLOG MENJADI BANYAK PENGUNJUNG 
DENGAN CARA MENELISIK GAYA MENULIS DAHLAN ISKAN
SANG MAHA GURU BLOGGER INDONESIA

OLEH : AGUS SAMPURNO

PENULIS : HAMDANI



AGUS SAMPURNO, Pemateri pada kuliah Online Group Whatsapp Menulis PGRI kali ini. Beliau yang juga aktif memantau group, saat ini bekerja di PSF SDO Jakarta. Kelihaiannya memancing keingintahuan banyak orang tentang judul perkuliahan Group  ‘Membuat Blog Menjadi Banyak Pengunjung’, menjadikan perkuliahan hari ini menjadi lebih menarik. Awalnya, sebuah judul umum yang diberikan Bapak Wijaya Kusumah (Om Jay), disetir olehnya dengan membelokkan perhatian para pembelajar untuk menelisik GAYA MENULIS DAHLAN ISKAN. 




Benar saja, semua perhatian terfokus dengan ajakannya. Ini sebuah pembahasan yang sangat menarik terkait BELAJAR MENULIS. Siapa yang tak kenal Dahlan Iskan? Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2011-2014. Ia dikenal sebagai menteri yang unik dan controversial.


https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwijjLO1osHpAhUO7nMBHTHECFQQFjABegQIARAB&url=https%3A%2F%2Fkabar24.bisnis.com%2Fread%2F20130718%2F15%2F151599%2Fjavascript&usg=AOvVaw2NGibhUF0QLkcYJcLz4ifT

Tapi jangan salah terkait Dahlan Iskan. Sederet panjang kelebihan beliau di berbagai bidang telah membuntutinya di balik nama besarnya itu. Prof. Dr.(H.C.) Dahlan Iskan adalah mantan CEO surat kabarJawa Pos dan Jawa Pos Group yang bermarkas di Surabaya. Pada tanggal 19 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, Dahlan Iskan diangkat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara menggantikan Mustafa Abu Bakar.


Agus Sampurno, Master Trainer Sertifikasi BNSP (2018), lebih dahulu menyajikan sebuah artikel untuk dibaca oleh para pembelajar.  Ia menyodorkan sebuah artikel berjudul Satu Pilot tulisan Dahlan Iskan yang kerap di panggil Abah.


Setelah memberi waktu agar para pembelajar membaca dengan cermat gaya menulis Dahlan Iskan, Agus pun mulai mengajak berdiskusi. Dengan semangat pula para pembelajar menyimak dan memberikan tanggapan serta berargumen menjawaban pertanyaan terkait tulisan itu.

Baca lalu perhatikan cara beliau menulis!

Apa yang menarik dari tulisan Pak Dahlan Iskan? Ternyata, Pak Bos (Dahlan Iskan) selalu menggunakan kalimat-kalimat singkat dalam tulisannya. Ini bertujuan agar musah dipahami. Kemudian beliau  menentukan poin penting dari tulisannya, agar mata pembaca bisa langsung fokus. Jangan memperpanjang pengantar jika itu tidak penting. Begitu pula pada pemilihan diksi/ kata yang mudah dimengerti. Pada tulisan tertentu, tulisan dapat disertai dengan grafik dan statistik agar materi dapat tersampaikan dengan lebih detail.

Agus Sampuno menambahkan, untuk memancing keingintahuan pembaca, sebaiknya bagian tulisan itu ditebalkan.  Ini bertujuan agar pembaca penasaran ingin membacanya. Begitu pula paragraf-paragraf yang sederhana (pendek) akan memudahkan para pembaca berselancar mengikuti alur tulisan tersebut.

Beberapa perbaikan (menyunting) tulisan perlu dilakukan oleh penulis untuk mendapatkan tulisan yang baik dan efektif. Sehingga tidak bertele-tele atau berbelit-belit. Tidak pula menimbulkan makna ganda (ambigu), serta memperoleh kalimat yang menggunakan bahasa baku (baik dan benar).

Empat proses saat melakukan proses editing tulisan Anda. 
1. Cek ide, area atau gambaran besar tulisan anda seperti struktur dan narasi. Sebenarnya  apa yang anda ingin sampaikan.’
2.  Baca dengan kacamata  sebagai seorang krititikus yang paling keras  bagi tulisan anda  sendiri.
3. Jangan menambahkan apa pun. Cukup hapus atau delete 
4. Tambahkan gaya pada tulisan  Anda untuk membuatnya indah 


Setelah sebuah tulisan baru saja selesai ditulis, Agus Sumarno menyarankan agar kembali membaca tulisan tersebut. Ini bertujuan agar kita benar-benar mendapatkan hasil tulisan sudah baik. Jika masih terdapat kalimat yang bisa disederhanakan dan kata-kata yang tidak sesuai, segera memperbaikinya. Untuk itu, bacalah tulisan itu dengan suara keras agar kita lebih mudah memahami dan mengetahui di mana letak kesalahannya.


- - - - -

Baca juga link terkait Dahlan Iskan.

Yang menarik dari Dahlan Iskan adalah ia tetap menulis. Membuat reportase, kolom, analisis berita... pokoknya menulisapa saja dan kapan saja yang dia suka. Menulis dan membaca sudah menjadi darah daging tokoh pers nasional ini. Kalau sudah ada ide, di mana pun, kapan pun... Dahlan Iskan menulis.


AGUS SAMPURNO
(Saat ini – 2015) bekerja di PSF SDO Jakarta. (2018) Master Trainer Sertifikasi BNSP. (2015-2013) Kepala sekolah Ananda Islamic School Jakarta Barat. (2013-2000)  Koordinator guru dan guru kelas di Global Jaya International School Jakarta.

(2009) Blog Pendidikan terbaik Detik.com (2010) Microsoft Indonesia Innovative Educators.  (2011) Guru Era Baru oleh Acer Indonesia. (2012)  The BOBs (Best of the Blogs)  Deutsche Welle Germany (2014) Penulis Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). (2014- 2016). Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta (2014-2017) KPK (Komisi Pemberantasan  Korupsi)  juri dan pelatih lomba inovasi pembelajaran TK-SMA.
(2014-2017) Become a jury and facilitator in teaching innovation competition held by
KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)
(2014) a Book writer “suluh tak kenal peluh’ Program Sarjana Mendidik di Daerah
Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) and Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
(2014- 2016). Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta TK-SMA
(2012)  The BOBs (Best of the Blogs)  Deutsche Welle Germany nominated
(2011) won the Guru Era Baru Acer Indonesia award.
 (2010) Microsoft Indonesia Innovative Educators. 
(2009) Blog Pendidikan terbaik Detik.com

Blog Agus Sampurno  
https://gurukreatif.wordpress.com/ 


1 komentar:

  1. Rabu, 20 Mei 2020 adalah hari kebangkitan guru blogger Indonesia. Mengapa saya sebut sebagai hari kebangkitan guru blogger Indonesia? Sebab saya melihat mulai banyak blog guru aktif dan bangkit kembali. Bahkan ada yang sudah lama blognya tidak diupdate karena tidak tahu untuk apa guru menulis di blog. https://membangunpersonalbranding.blogspot.com/2020/05/selamat-hari-kebangkitan-guru-blogger.html

    BalasHapus