Senin, 08 Juni 2020

RENCANA PERSIAPAN PBM DI ERA NEW NORMAL SMK NEGERI 1 KARIMUN

RENCANA PERSIAPAN DI ERA NEW NORMAL 
SMK NEGERI 1 KARIMUN


Foto Dokumen Pribadi
(STATE VOCATIONAL HIGHT SCHOOL 1 KARIMUN)

RAPAT PERSIAPAN KBM (ERA NEW NORMAL) DAN KBM PRAKTIK TP. 2019/ 2020


Pagi ini, (Senin, 8 Juni 2020), Rapat Persiapan KBM di masa New Normal Pembelajaran Praktik, dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) - TP 2019/ 2020, coba dilaksanakan di SMK Negeri 1 Karimun melalui tatap muka dengan prosedur/ protokoler kesehatan. Hadir dalam pertemuan ini Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Program, dan para guru produktif dan guru mata pelajaran umum (adaptif/ normatif).

Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Vokasi Nomor 01 Tahun 2020 tanggal 18 Mei 2020 tentang pembelajaran Praktik dan Praktik Kerja Lapangan (PKL), pihak sekolah tergerak untuk membahas skenario masuk sekolah yang akan diterapkan. Pengarahan Teknis Pelaksanaan Kegiatan Belajar mengajar dan Pembelajaran Praktik pada di masa New Normal akibat Pandemi Covid-19 disampaikan oleh Waka Kurikulum Rizky Meliasari. 


Skenario Belajar di Era New Normal

Sejumlah daerah berbeda dalam menyikapi rencana new normal di bidang pendidikan. Ada yang menyiapkan skenario siswa sudah belajar di sekolah dalam aturan protokoler kesehatan yang dinerlakukan. Sementara yang lainnya, ada yang belum memiliki rencana menghadari new normal.
Apa itu New Normal?

New normal dilakukan sebagai upaya kesiapan untuk beraktivitas di luar rumah seoptimal mungkin, sehingga dapat beradaptasi dalam menjalani perubahan perilaku yang baru. Perubahan pola hidup ini dibarengi dengan menjalani protokol kesehatan sebagai pencegahan penyebaran dan penularan COVID-19. (Wikipedia)

Aturan new normal akan mengedepankan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah sebaran virus Corona, sehingga siswa bisa belajar dan terhindar dari Covid-19.
Skenario belajar di sekolah saat new normal itu dipersiapkan Disdik untuk kegiatan pembelajaran dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga SMP. Sedangkan pengelolaan SMA/SMK berada di pemerintah provinsi.

Infografis New Normal Pendidikan (Solopos/Whisnupaksa)
Foto Ilustrasi : solopos.com

Dalam pengarahannya, Rizky memaparkan teknik dan skenario belajar di era New Normal sesuai ketentuan dari Disdik Propinsi Kepulaun Riau. "Saya harus men-sosialisasikan surat edaran ini untuk dapat dimaklumi bersama." katanya.

FOTO ILUSTRASI SAAT RAPAT

Namun tanggapan muncul dari seorang teman guru yang meminta agar waka kurikulum terlebih dahulu membuat surat keputusan berdasarkan surat edaran dari Disdik -Kepri terkait pembelajaran era New Normal.


FOTO ILUSTRASI DOKUMEN PRIBADI
PARA SISWA-DAN SISWI SMK NEGERI 1 KARIMUN

Menyikapi tentang protokoler kesehatan yang berlapis, Kepala Sekolah memaklumkan kepada forum untuk sementara ini mempelajari lebih dalam  sisi positif dan negatif dari pemberlakuan KBM secara tatap muka. "Sedangkan dalam keadaan normal saja kita tidak dapat memantau sepenuhnya kegiatan siswa keluar dan masuk sekolah. Apalagi dalam keadaan sekarang ini. Sebelum ini, mereka biasanya tidak langsung pulang ke rumah saat sekolah usai. Mereka masih melakukan kegiatan ekstra lainnya. Tempat tinggal mereka yang cukup jauh dan terpencar di sepanjang pulau Karimun, sangat berisiko dan dapat berdampak negatif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19."

Akhirnya forum memutuskan untuk tetap melaksanakan pembelajaran sistem daring sambil menunggu teknis yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. 

FOTO ILUSTRASI : DOKUMEN PRIBADI

Di sela-sela pertemuan, ada sebuah momentum yang sangat penting dan tidak pernah ditinggalkan di kalangan SMK Negeri 1 Karimun. Kemarin, hari Minggu, 7 Juni 2020 genap usianya 19 tahun dan menjadi Hari Jadi SMK Negeri 1 Karimun.  Namun tidak seperti biasanya, HUT SMK kali ini tidak diselenggarakan dengan kemeriahan pesta dan beberapa turnamen. Hanya ada acara kecil yang diisi dengan ucapan doa dan pemotongan kue ulang tahun oleh kepala sekolah, Drs. H. Mastur, M.M.Pd. Semoga SMK Negeri 1 Karimun akan jauh lebih baik kedepannya. Menjadi sekolah yang mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul berprestasi. 


Hamdani

Bingkai foto :

FOTO ILUSTRASI PRIBADI


FOTO ILUSTRASI PRIBADI


4 komentar:

  1. Bagus sekali ulasan blog pak Dhani ☺️. Setidaknya memberi inspirasi untuk saya menulis blog yang sempat terbenam. Menulis menajamkan pikiran,menulis melawan lupa dan menulis mengukir nama sepanjang sejarah .Bravo pak guruku😊😊

    BalasHapus
  2. terus berkarya cikgudhani. semoga menular kepada kami yang belum terpikir untuk menulis atau malu-malu untuk memulai

    BalasHapus
  3. kami suka membaca,dengan karya cikgudhani ini, memotivasi terus kami untuk banyak membaca, kami tunggu tulisan - tulisan berikutnya.

    BalasHapus