Selasa, 16 Juni 2020

BERBAGI PENGALAMAN DENGAN SEORANG BLOGGER MUDA MENAWAN RAIMUNDUS BRIAN PRASETYAWAN

DARI MENGELOLA TULISAN DI BLOG HINGGA MENERBITKAN BUKU

- Berbagi Pengalaman dengan Seorang Blogger Muda Menawan Raimundus Brian Prasetyawan


Raimundus Brian Prasetyawan

Nama sang Blogger Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. tampaknya akan semakin dikagumi di kalangan para blogger karena kepiawaiannya menjadi narasumber pada kegiatan belajar menulis online di grup whatsapp PGRI bimbingan Wijaya Kusumah (Om Jay).  Setelah lulus S1-PGSD di Unika Atma Jaya, Jakarta, ia mengajar di Sekolah Dasar Santo Mikael (2014-2015). Kemudian hingga kini mengajar di SDN Sumur Batu 01 Jakarta.

Ia telah menekuni dunia blogger sejak dari tahun 2009. Sudah belasan blog yang dibuatnya. ia juga aktif menulis di berbagai situs, seperti Kompasiana, Gurusiana, Selasar, Kumparan, dan Opini.id. 


Sumber Foto : 

Brian Prasetyawan's Blog



"Berbagi pengalaman menulis dan menerbitkan buku", tampaknya menjadi bagian penting dari pembelajaran online Grup Whatsapp "Belajar Menulis - PGRI" ini. Dalam kesempatan ini, OM Jay merekrut anggota grup kreatif, yaitu Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd., (Brian) untuk menjadi pembicara. Brian diminta oleh Bapak Wijaya Kusumah (Om Jay) untuk  membagikan pengalamannya mengelola dan menulis lewat blog dan sampai menjadikan sebuah buku. Tidak hanya Brian, beberapa pembicara lainnya dari grup yang sama, yaitu Siska dan Tere akan menyusul membagikan pengalaman dan pengetahuannya terkait menulis dan menerbitkan buku. 


Tantangan ini sangat disambut baik oleh Brian, sambil mengasah dan mematangkan kemampuannya dalam menulis, menjadi blogger, dan sekaligus menjadi trainner muda. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Tidak main-main,  akhirnya Brian bisa menyampaikan materi pengalamannya menjadi blogger dan penulis buku di hadapan sekitar tiga ratusan anggota grup yang hadir. ini terlihat dari lampiran data kehadiran peserta yang mengikuti kuiah hari itu.


Niatnya berbagi ilmu dengan sesama teman di dalam grup, pada dasarnya adalah karena ia ingin memiliki banyak teman dari kalangan penggiat blogger. Ia mengharapkan kepada teman-teman penggiat blogger untuk tidak menganggap blog itu sebagai pekerjaan yang rumit atau sia-sia. Apa lagi sampai meninggalkan blog yang sudah susah payah dirintis oleh masing-masing.

Sebelum ini, Brian pernah merasakan seperti hidup sendiri di dunia blogger. Tidak asyik memang... Apa lagi jika blog sepi pengunjung. Kini ia merasa lega dan bersyukur karena telah dipertemukan dengan grup menulis PGRI bimbingan yang apik ini. Ia sangat berharap agar grup ini selalu eksis sampai kapan pun.

Silakan bapak/ibu baca artikel di blog saya berikut:


Motivasi Kepenulisan Melalui Blog

Faktor penting dalam menulis di blog adalah menjaga konsistensi. Motivasinya ada dua, yaitu dilihat dari hasil nge-blog dan target nge-blog. Sekarang ini banyak blogger yang terjebak oleh motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung mendapat penghasilan, orang akan mudah meninggalkan blognya. 

Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap.  Apalagi seorang blogger baru berkecimpung membuat blog, ia perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.  Jadi, Brian  mengajak para guru penggiat blog untuk segera meluruskan niat. Niatkan dalam hati, bergabung dengan grup ini bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis hingga bisa menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat menulis ide.



Bagaimana Memunculkan Ide Tulisan?

Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis bagi para blogger. Terkadang  seseorang sudah berada di depan laptop dan siap akan menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurutnya, sebagai bloger pemula, tidak perlu harus menunggu ide atau kejadian hebat untuk menulis. Prinsipnya, bagaimana tulisan yang semula biasa saja, bisa menjadi hal yang luar biasa bagi orang lain. Maka dari itu, mulailah menulis dari hal-hal yang sederhana namun mungkin saja bermakna bagi orang lain. Dan hal yang paling mudah untuk ditulis adalah tentang pengalaman atau aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja.


Blogger vs Wordpress, mana yang lebih hebat?

Ini pertanyaan yang tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa. Lebih bagus mana, pakai Blogger atau wordpress? Baginya, sama saja. Antara blogger atau wordpress, tergantung pada selera dan kesenangan masing-masing. Lebih spesifik lagi, ini tergantung dengan blog mana yang pertama kali seseorang itu mengenalnya. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka penggunanya akan terus mempelajari wordpress sampai terbiasa dan merasa nyaman. Sehingga menganggap wordpress akan jauh lebih bagus. Namun begitu pula sebaliknya, apabila pengguna blog lebih dahulu mengenal blogger lalu menekuni untuk menggunakannya, maka sudah barang tentu ia akan mahir dan menyenangi blogger tersebut. Intinya lagi, blog adalah sebuah wadah tempat ide/ menuangkan pemikiran menjadi tulisan.


Menulis adalah menuangkan ide/ pemikiran ke dalam tulisan. Setelah lahir sebuah tulisan, ia dapat menjadi senjata untuk menyerang, perisai untuk bertahan, atau penawar untuk menyembuhkan. (Hamdani)



Teknis Penggunaan Blog

Tidak jarang beberapa blogger pemula mengalami kesulitan dalam menggunakan blog. Oleh karena itu, sebagai penggiat blogger, ia membuka diri  untuk  membantu kesulitan yang dialami oleh blogger pemula. Bisa menghubunginya untuk bertanya melalui whatsapp pribadinya.  

Saat ini, ada yang terbaru dari aplikasi blogspot dari blogger.com. Brian menyarankan agar para blogger pemula belajar menggunakan tampilan baru tersebut secara perlahan-lahan. Suatu saat nanti, bisa saja tampilan baru akan menjadi permanen. Dimaklumkan juga olehnya, berdasar pengalamannya menulis di Blogger.com, kerap ia mendapatkan tampilan yang berubah-ubah. Itu adalah bagian inovasi dari Blogger.com untuk kenyamanan para pengguna.

ini video terbaru tutorial yang dibuat oleh Brian tentang blog di channel youtube

[https://youtu.be/mPepysATwSY

Brian  juga menulis buku tentang blog. Apa saja isi buku itu ? silakan lihat daftar isinya di blognya berikut.

Add caption


Sejak ngeblog dari tahun 2009, ia telah membuat sejumlah blog untuk berbagai kepentingan
Silakan  dilihat disini:


Untuk saat ini, Brian sudah memiliki dua buku solo. Pertama buku Blog untuk Guru, kedua, buku ‘Aksi Literasi Guru Masa Kini’ yang baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana. Ia coba memilih-milih tulisan yang sesuai dengan tema buku, yaitu literasi. Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog.

Dalam waktu dekat, buku solo ketiga miliknya akan terbit berjudul ‘Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari’. Berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu dibuatnya ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.

Add caption

Selain 3 buku solo, Brian juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa. Terakhir, ingin  berbagi tips bagaimana membukukan tulisan yang berasal dari blog.

Klik link berikut :

Bagaimana seseorang bisa menggunakan blog dari beberapa aplikasi yang berbeda, ini tentu menjadi jawaban terbaik di balik pertanyaan blogger vs wordpress. Namun yang terpenting kita bisa tetap konsisten dalam mengelola kedua blog itu.
Tema/ topik utama dalam sebuah buku juga sangat penting karena itu yang akan menjadi pedoman dalam menyusun buku.  Jika tidak dilandasi tema, pembaca akan bingung. Apa yang ingin disampaikan dari buku tersebut?

Mengenai pernak pernik tulisan terkait gambar atau video, menurut Brian sebaiknya para blogger pemula mengabaikan saja jika masih merasa kesulitan. Terkait bagaimana tampilan tulisan menjadi menarik, menurutnya kita tinggal mengedit tulisan itu di lain waktu walaupun sudah dipublish.

Bagaimana cara yang cepat agar Blog kita dapat ditemukan di pencarian google?

Ada beberapa tips agar blog kita dapat ditemukan di pencarian google dengan cepat :
1.      Buatlah tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain.
2.      Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog kita di halaman pertama google.

Sebagai guru, Brian memang sangat terampil dalam menyajikan materi.  Materi tertata rapi dan sistematis. Terlihat bahwa Pak Brian sangat menguasi dunia blogger.


Bagaimana cara memasukkan/ mengisi blog dengan file administrasi pembelajaran, misalnya RPP. Caranya mudah, yaitu terlebih dahulu memposting file microsoft word/ excel administrasi tersebut.

Llihat video ini:


Intinya, upload terlebih dahulu file administrasi ke google drive. Lalu pasang file di google drive ke blog.
Tulisan di blog akan tetap tersimpan walaupun sudah sekian lama ditinggalkan oleh pemiliknya. Jadi, para blogger tidak perlu ada kesangsian jika khawatir tulisannya akan menghilang tiba-tiba disebabkan unlimited. Namun, malang yang sering terjadi adalah pemilik blog lupa email/ password akun blognya sehingga blog tidak bisa dipakai lagi.
Sebagai tambahan motivasi darinya,  ia menyarankan agar blogger pemula sering meng-update blog yang dimiliki. Capailah target yang diinginkan! Jika target sudah terpenuhi maka kita akan merasa puas dan bahagia. Kita akan bersemangat untuk nge-blog lagi di kemudian hari.

Inilah tips agar blog banyak pengunjungnya :
Pertama: Share link blog ke media social.
Kedua: Bergabung dengan grup blogger, sehingga kita bisa share tulisan kita di grup itu. Contoh grup blogger: Warung Blogger.
Ketiga: Buatlah  tulisan dengan ‘tips/ how to’ yang banyak dicari orang.
(Raimundus Brian Prasetyawan)

Kesimpulan
Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam nge-blog membuat kita menyerah untuk menulis. Kita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung,
Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak.
Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah!


1 komentar: