Jumat, 12 Juni 2020

KISAH KONDEKTUR BAIMS DAN KERETA 'WISATA LITERASI' MALAM (Episode 3)



EPISODE 3 : 

WISATA LITERASI 

KONDEKTUR BAIMS MENJADI MASINIS
(KISAH GURU NGEBLOG DI WORDPRESS)



Sumber Foto Ilustrasi : Galena.co.id.



KULIAH ONLINE BELAJAR MENULIS PGRI
JUM'AT/ 12 JUNI 2020
PUKUL 19.00 s.d. 21.00 WIB. 
NARASUMBER : BAMBANG PURWANTO (Mr. BamS)
PENULIS RESUME : HAMDANI
Kali ini, masinis Vijay meminta Kondektur BaimS yang menggantikannya mengendalikan lokomotif. Memandu sebuah perjalanan kereta api malam yang mengangkut peserta Wisata Literasi. Kereta api ini adalah kereta  wisata modern dengan 12 gerbong eksklusif.  Tidak kurang dari seribu penumpang berada di dalamnya.
Lebih dari dua bulan ini, para peserta yang notabene adalah guru-guru hebat di seluruh Indonesia sedang mengikuti pelatihan menulis di BLOG PGRI. Mendekati akhir pekan, semua peserta diajak menikmati perjalanan wisata yang unik dan santai ini.
Sangat tak terduga, Kondektur BaimS tiba-tiba diminta oleh Masinis Vijay untuk memegang kemudi. ia adalah seorang kondektur cerdas yang sangat berpengalaman. Mendadak diberi tugas baru oleh Masinis senior, Mr. Vijay, tidak membuatnya gugup. Ini sangat menyenangkan baginya. Menjadi masinis mengantarkan para peserta literasi untuk berwisata. di sampingnya, Mr. Vijay yang duduk di sebelahnya, menikmati asyiknya perjalanan. Tak lupa sebelum perjalanan dimulai, ia meminta Fatim seorang kondektur wanita yang juga cukup cerdas  menggantikan posisi BaimS.
Wah, Mr. Vijay. Memangnya, bawa kereta api gak perlu pake sertifikasi mengemudi, ya? Hehe…
“Udah tenang aja… ini kereta apinya udah jinak. Pokoknya, aman deh… Hehe…” bisik Mr. Vijay.
“Wah... Mr. Vijay ada-ada saja. Hehe…”
Nama Lengkap : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.
Nama Panggilan 1 : Abang (nama panggilan keluarga di rumah )
Nama Panggilan 2 : Ayah Salwa (nama panggilan sebagai pendongeng)
Nama Panggilan 3 : Mr.BamS (panggilan di sekolah SMP Taruna Bakti)
Tempat Lahir : Bandung
Tanggal Lahir : 6 April 1974
Pekerjaan : Guru Tetap SMP Taruna Bakti

Sebagaimana biasanya dalam sebuah perjalanan kereta api, kondektur Fatim terlebih dahulu memperkenalkan kru yang bertugas menyelenggarakan travelling ini. Sementara Masinis BaimS sebagai Masinis Pengganti, tidak hanya terampil, tetapi ia juga sangat cerdas dan penuh ide.  Pendidikan akhirnya adalah STMIK-AMIK BANDUNG, Jurusan Sistem Informasi. Sebelum ini, ia pernah melakukan pekerjaan di bagian Konsultan sebagai tenaga administrasi, mengoperasikan komputer.  Kemudian ia juga pernah bekerja di perusahaan makanan kemfood. Yang paling menarik ia pernah menjadi pendongeng keliling dari tahun 2004 sampai dengan 2008. Satu tugas mulia yang saat ini masih digelutinya adalah sebagai guru SMP Taruna Bakti. Ia mulai bertugas sejak tahun 2008. (Bisa mahir membawa kereta api, gimana caranya, ya? Hehe…)
Malam ini adalah perjalanan wisata literasi ke-6 setelah lebaran. Ternyata Kondektur BaimS, (eeh, salah…) Masinis BaimS juga memiliki kemahiran di dunia literasi. Makanya ia tidak gugup ketika Masinis Vijay melakukan permintaan tambahan padanya. Masinis Vijay memintanya lagi untuk bisa memberikan wejangan kepada para pasenjer sambil tetap menemudikan kereta api malam.

“Wah, Masinis Vijay. Apa bisa, ya, mengemudi sambil bercerita?” Apa nggak nabrak nanti?”
“Udah tenang aja… ini kereta apinya udah jinak. aman, deh… Hehe…” bisik Masinis Vijay.
“lho, kok, jawaban sama lagi,  Om Masinis? Ya, udah. Sing penting, ora opo-opo.”
Selama ini, ia juga sangat mahir dan selalu eksis menulis di blog.
Kereta api berjalan stabil, Masinis BaimS bercerita melalui pengeras suara yang tersambung pada 12 gerbong. Kapan saatnya ia mulai membuat Blog? Yaitu waktu di SMP Taruna Bakti sejak tahun 2009. Kebetulan ia diminta untuk membimbing kegiatan ekskul membuat blog, namun masih menggunakan multiply.
Ternyata dalam perjalanannya multiply tidak bisa dipakai lagi, ia pun beralih ke wordpress. Dengan wordpress, ia lebih dapat mengembangkan dirinya. Dari hobinya yang senang mendongeng, membuat ia  harus banyak membaca buku. Tahun 2011 ia membuat Taman Baca di rumah sendiri.  
Label sebagai pegiat literasi pun menempel pada dirinya. Ia lalu mengenal beberapa tokoh literasi seperti Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy. Beliau juga pendiri Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah sebuah taman bacaan yang keren.
Di sekolah pun sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah , membaca lima belas menit. Sering dilakukannya. Setiap ada kegiatan yang berhubungan dengan literasi sekolah, ia selalu dilibatkan. Pada tahun 2019, SMP Taruna Bakti mendapatkan Juara LIterasi Kategori Utama mengalahkan sekolah negeri yang favorit. Luar biasa!
Saat itu, Masinis BaimS mengaku mendapatkan penghargaan dan Anugerah Penggiat Literasi Dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Sukses, Masinis BaimS.
Dilanjutkan pada tahun 2019 ia mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019. Waktu itu ia baru menadapat posisi 6 besar dan mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur
Ia pun lagi-lagi melanjutkan kisahnya dan berbagi pengalaman menulis melalui blog.
Tentang apa tujuannya membuat Blog, awalnya karena dirinya malu sebagai penggiat literasi tapi tidak punya blog. Di samping blog bisa menyimpan tulisan sepanjang zaman, juga dapat dijadikan sebagai sebuah catatan diri dan tempat menyimpan dokumen. Tidak hanya itu, dari blog juga bisa menghasilkan rupiah.

Lalu, apa saja isi dari blog, yaitu:
1. Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis puisi tulislah puisi
2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Saya sedang mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Seperti yang dilakukan bersama Omjay. Omjay merasa bahagia saat daftar hadir sudah direkap. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA
Wabah Covid-19 menuai berkah
Gara-gara Covid saya memberanikan buka kelas blog. Siapa inspirasinya ? Om Jay dan Kang Encon. Ia belajar dan memperhatikan bagaimana cara mengelola kelas online di WA. Ia belajar dengan cepat.
Akhirnya lahirlah beberapa kelas blog yang dibinanya, yaitu:
1. Kelas Blog Pemula sudah 4 angkatan, Angkatan 5 akan mulai 13 Juni
2. Kelas Blog Lanjutan sudah 1 angkatan, Angkatan 2 akan mulai 18 Juni
3. Kelas Blog Utama (peserta yang mintanya bebas, bisa belajar kapan saja)

Mengikuti pelatihan bersama grupnya, apakah gratis?
Memang belum bisa seperti sang Guru Bloger (Om Jay) itu. Sementara ini, jika ingin ikut berlatih bersama grup yang dipandunya, masih harus bayar. Akan tetapi nominalnya masih terjangkau, kok. Masih jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasaran di internet.
Inilah testimoni peserta kelas blog.

Nah ujung-ujungnya karena berada di ruang ini, maka kita semua harus menghasilkan karya sebuah buku, dan saya akan persembahkan buku untuk kita semua


Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukan
Bayak orang yang bisa, tapi kadang kala tidak mau melakukannya
Bermodal mau, maka akan jadi BISA.
Bambang Purwanto (Mr. BamS)
Semoga pengalaman dari sang Masinis BaimS dapat menjadi inspirasi bagi semua!  

“Masih banyak orang hebat di luar sana. Dan kita bukan untuk menjadi orang hebat. Akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermanfaat kapan pun dan di manapun atau siapapun.”
Bambang Purwanto (Mr. BamS)

"Aduh, Maaf, rupanya dari awal saya sudah salah menulis nama. Mohon diralat, ya, wahai sahabat BW! Dari awal tertulis nama Masinis BaimS, bagaimana jika Anda yang membaca tulisan ini, menggantinya sendiri dengan sebutan Mr. BamS."
Bukankah itu Lebih keren dan cakep. Hehe…

11 komentar:

  1. Mantul kita dilahirkan bukan utk jadi org hebat tapi utk jadi org yg bermanfaat

    BalasHapus
  2. Insya Allah, terima kasih Om Jay.

    BalasHapus
  3. Ya ampun bagus banget Cara mengemasnya, kreatif.. bisa jadi referensi ini caranya tapi Gaya seseorang selalu spesifik

    BalasHapus
  4. Wow..luar biasa mempesona..apik.unik ..menarik...

    BalasHapus
  5. Wow..luar biasa mempesona..apik.unik ..menarik...

    BalasHapus
  6. Wow..luar biasa mempesona..apik.unik ..menarik...

    BalasHapus
  7. Wah penulis hebat ini pak.Dani.dg kemasan khusus.mantul

    BalasHapus
  8. Terima kasih...terima kasih... terima kasih semua. Buat saya tambah semangat.

    BalasHapus