Kamis, 23 Juli 2020

Pembelajaran Daring

WORKSHOP 
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING 
DAN PEMBUATAN JADWAL BLOK 
SMK NEGERI 1 KARIMUN

(Karimun,  21 -23 Juli 2020)





Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Semangat pagi saya ucapkan kepada seluruh siswa kelas XII ITL 2

Apa kabar siswaku semuanya? Saat ini, kita masih berada dalam masa pandemic. Di mana setiap orang harus melakukan social distancing, fysical distancing, atau saling menjaga jarak antara satu dengan lainnya.

Oh, ya. Perkenalkan saya Hamdani. Saat ini saya ditugaskan untuk menjadi wali kelas Anda semua di kelas XII ITL 2. Sebelum ini, Anda dibimbing oleh Pak Zulfikar, guru produktif yang baik hati. Tapi sekarang beliau menjabat sebagai Kepala Program - Teknik Instalasi Tenaga Listrik TP.  2020/ 2021. Semoga beliau dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.  Begitu juga saya berharap, Anda bisa menerima saya untuk bersama mengantarkan Anda lulus dengan baik dan tanpa hambatan di sekolah SMK NEGERI 1 KARIMUN yang kita cintai ini. 

Wabah Corona belum berakhir. Virus Covid-19, makhluk centil dan nakal, masih mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa kita. Hmm.., kita tak perlu memusuhinya melainkan menjauhinya saja. Ia juga makhluk Tuhan yang punya kehidupan sendiri. Sebagai mana kita juga diberi kehidupan oleh-Nya. Oleh karena itu, saya hanya bisa ikut menyarankan agar Anda semua tetap siaga dan berhati-hati. Karena kita tidak tahu, jika musibah itu akan menimpa diri kita atau siapa saja orang-orang terkasih yang berada didekat kita.



Sejak pagi, yang dimulai pada hari Senin (21/7), kami guru-guru di SMK Negeri 1 Karimun sedang melakukan WORKSHOP PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING DAN PEMBUATAN JADWAL BLOK SMK NEGERI 1 KARIMUN. Pengajaran sistem daring, menggunakan Google Classroom dan Google meet. Kegiatan ini akan berakhir pada hari Jum'at pukul 16.00 WIB. 

Tampaknya, kita masih harus tetap belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) sampai batas waktu yang belum dapat ditentukan. Anda dan berikutnya ada delapan jurusan yang seangkatan dengan Anda,  yaitu jurusan Teknik Komputer Jaringan,  Teknik Pengelasan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik,  Teknik Kendaraan Ringan,  Teknik Sepeda Motor,  Teknik Bangunan, Teknik Desain dan Rancang Bangun Kapal, serta Teknik Audio Video, yang sekarang seharusnya sedang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), terpaksa harus mengalami permasalahan yang tampaknya jauh lebih tidak menguntungkan. Yaitu, Anda terpaksa tidak dapat melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan di DU/ DI yang sudah terkoordinasi sebelumnya. Sebagai gantinya, Anda akan dibimbing oleh Bapak dan Ibu Guru Mapel Produktif di workshop atau bengkel masing-masing jurusan.

Sedih sekali, tetapi keselamatan jiwa kita dan orang-orang yang kita sayangi berada di sekitar kita, jauh lebih penting untuk kita pikirkan. Dan kita semua berdoa, semoga badai Corona ini cepat berakhir. Supaya kita bisa segera berkumpul bersama, dalam melakukan berbagai aktivitas menuntut ilmu serta pekerjaan lainnya. Aamiin, ya,  Rabbal 'alamiin. 


Siswa kelas XII Teknik ITL 2 yang kami banggakan

Setelah masa PKL Tahun Pelajaran 2019/ 2020 berakhir di pengujung bulan September nanti, selanjutnya Anda akan kembali ke sekolah (back to school)  untuk mendapatkan materi pembelajaran di semester terakhir. Saat itu, kita juga belum tahu apakah sudah bisa kembali belajar bertatap muka seperti dulu lagi. Oleh karena itu, sementara ini solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan melaksanakan Pembelajaran Jarak jauh (PJJ). Di mana kita akan menggunakan aplikasi pembelajaran melalui internet, seperti grup whatsapp, google classroom, google meet, zoom,  atau webex. 



Pilihan termudah dan efektif yang dapat kita lakukan saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi google classroom dan google meet. Lalu,  bagaimana Anda bisa bergabung dengan kelas Anda?

Agar Anda bisa bergabung dan terhubung melalui pembelajaran jarak jauh di internet, ikutilah langkah-langkah sebagai berikut :
Sebelum memulai, unduh terlebih dahulu aplikasi Classroom di perangkat android Anda.
1. Unduh aplikasi classroom  melalui android Anda Masing-masing. 

     2. Jika telah berhasil mengunduh, lanjutkan membuka aplikasi classroom.


      3. Klik MULAI untuk mendaftar. 



4. Daftarkan akun Gmail Anda dengan benar. 


5. Masukkan kode kelas yang telah diberikan oleh guru mata pelajaran. 
  6. Selanjutnya klik Gabung untuk bergabung dengan kelas. 
Namun Anda juga dapat meminta bantuan guru Anda untuk mendaftar.  Anda perlu berkoordinasi terlebih dahulu, lalu kirimkan nama akun Gmail pribadi Anda. 

Saya mengharapkan, Anda segera mendaftarkan diri setelah ini, agar kita dapat melalkukan persiapan lebih awal untuk menghadapi pembelajaran ke depan. 

Salam sukses! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar